Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan sektor produktif yang dibiayai oleh perbankan menjadi salah satu terdampak wabah Virus Corona. Komposisinya saat ini berkisar antara 28 hingga 30 persen.

Adapun sisanya 70 hingga 72 persen lebih kepada pembiayaan sektor konsumtif. Selain itu, wabah ini diperkirakan juga berdampak pada sektor jasa keuangan lain, khususnya bisnis di kawasan wisata.

Namun demikian, lembaga pengawas keuangan tersebut masih melihat lebih dulu dampak Corona terhadap sektor-sektor lain, seperti industri multifinance dan financial technology (Fintech) lending. Salah satu pelaku industri Fintech lending bidang properti, Gradana, menyatakan sejauh ini menunjukkan kinerja bisnis yang cukup solid.

Direktur Utama Gradana, Angela Oetama mengatakan sampai dengan 12 Maret pada kuartal pertama 2020 ini, perusahaan menerima permintaan pembiayaan yang signifikan. Baik dari sisi individu maupun yang berbentuk badan hukum untuk segala kebutuhan yang berhubungan dengan properti.

“Layanan yang diminta seperti pembiayaan sewa, renovasi maupun pembelian properti dan invoice financing bagi vendor-vendor properti,” ujar Angela dalam keterangan tertulis yang diterima AkuratIptek, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, sektor keuangan merupakan nadi ekonomi nasional, dan sejauh ini produk yang dirilis Gradana relatif stabil dengan segmen pasar yang masih prospektif.

“Kami melihat bahwa meningkatnya permintaan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir awal 2020 ini tidak lepas dari pengaruh pandemik Corona. Larangan berada di tempat umum, imbauan untuk tidak bertemu orang di area publik, berpengaruh signfikan terhadap minat masyarakat dalam mengakses layanan teknologi finansial seperti Gradana,” sebut dia.

Masyarakat, tambahnya, jadi berhati-hati jika ingin ke tempat-tempat layanan pembiayaan umum seperti perbankan yang mengharuskan bertemu tatap muka secara langsung, atau keluar rumah untuk menyerahkan identitas dan verifikasi data.

“Sementara dengan Fintech, cukup secara daring saja semua kebutuhan finansial bisa terpenuhi. Jadi lebih aman dan nyaman dalam situasi seperti sekarang,” pungkas Angela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *